Magister Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah

MAGISTER Pendidikan Matematika

Mahasiswa Magister Pendidikan Matematika Gelar Pelatihan Literasi-Numerasi di SMPN 3 Bangkala Jeneponto

Jeneponto, 23 Januari 2025 — Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Makassar sukses melaksanakan kegiatan Praktek Pengembangan Pembelajaran Matematika (PPM) dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di UPT SMP Negeri 3 Bangkala, Kabupaten Jeneponto. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam pembelajaran literasi dan numerasi berbasis teknologi.

Tiga mahasiswa, yakni Kasman, Sulfiati, dan A. Asminarti, berperan sebagai narasumber utama dalam kegiatan ini yang berlangsung pada 23 Januari 2025. Mengusung tema “Pengenalan Model Pembelajaran Literasi dan Numerasi bagi Tenaga Pendidik”, kegiatan ini mendapatkan sambutan hangat dari pihak sekolah. Dalam sambutannya, Wakil Kepala Sekolah Bapak Ramli, S.Pd., menyatakan bahwa kegiatan ini sangat relevan dengan kebutuhan pembelajaran saat ini, terutama dalam menghadapi tantangan Kurikulum Merdeka.

Materi pelatihan yang disampaikan mencakup strategi pembelajaran berbasis Problem-Based Learning (PBL) dan pemanfaatan teknologi, seperti Zoom dan WhatsApp, dalam mengajarkan materi matematika seperti trigonometri. Pelatihan ini dirancang untuk mendukung guru menjadi role model dalam penguatan literasi-numerasi, serta membangun budaya pembelajaran interaktif di sekolah.

Kegiatan juga melibatkan sesi tanya jawab dan diskusi yang dinamis antara peserta dan pemateri. Para guru menunjukkan antusiasme tinggi dengan aktif bertanya dan berbagi pengalaman selama proses pembelajaran berlangsung.

Selain kegiatan PKM, mahasiswa juga menjalankan PPM dengan mengajar mahasiswa S1 Pendidikan Matematika. Mereka mempraktikkan model pembelajaran interaktif menggunakan modul digital dan aplikasi Zoom untuk menyampaikan materi identitas trigonometri, menunjukkan peningkatan motivasi dan pemahaman peserta terhadap konsep yang diajarkan.

Keberhasilan kegiatan ini tercermin dari kolaborasi yang baik antara mahasiswa, dosen pembimbing, dosen pamong, serta dukungan penuh dari pihak sekolah. Meski menghadapi keterbatasan waktu persiapan dan perbedaan latar belakang peserta, kegiatan ini mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran.

Ketua Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Dr. Sitti Fithriani Saleh, S.Pd., M.Pd., mengapresiasi upaya mahasiswa dalam membawa teori ke dalam praktik nyata di masyarakat dan berharap kegiatan seperti ini dapat terus dikembangkan untuk menjangkau lebih banyak sekolah dan tenaga pendidik di daerah.